Sabtu, 26 Juni 2010

Menata Rumah untuk Nobar Piala Dunia 2010


Nonton sepak bola akan jadi seru jika dilakukan beramai - ramai. Acara nonton bareng pun lalu digelar di berbagai tempat, cafe, restoran, halaman mall sampai kelurahan. Namun untuk kita yang sebagian tidak mempunyai dana ekstra untuk datang ke cafe, nonton di rumah jadi pilihan yang aman. Nonton pertandingan di rumah tak kalah seru dan ramai, pasalnya mereka yang tidak suka nonton bola jadi ikut masuk ke dalam kegembiraan menyaksikan pertandingan 11 lawan 11 ini. Apalagi saat berlangsungnya partai - partai menarik atau menentukan, seperti selebrasi pembukaan, pertandingan kesebelasan favorit, perempat final, semi final hingga partai final. Apalagi kalau pertandingannya jatuh pada malam hari libur.

Jika demikian, tak berlebihan kiranya bila Anda menyiapkan beberapa bagian rumah untuk nonton bareng seluruh anggota keluarga, kerabat bahkan mungkin beberapa tetangga atau kawan - kawan anda. Nah, ini beberapa hal yang perlu diperhatikan agar nonton bareng di rumah menjadi semakin nyaman.

Pertama, Persiapan Tempat
Tempat yang asyik untuk nonton bareng di rumah dapat dipilah menjadi 2 kategori. Yaitu ruang terbuka dan ruang tertutup. Ruang terbuka misalnya halaman, teras, carport atau garasi. Sedangkan yang termasuk ruang tertutup adalah ruang dalam rumah : ruang keluarga, ruang tamu atau ruang makan. Tentu saja dimungkinkan kombinasi keduanya. Misalnya ruang keluarga yang mendapat akses langsung ke teras atau halaman rumah.

Untuk kedua kategori tersebut hal yang harus diperhatikan adalah kapasitas ruang. Perhitungkan agar seluruh penonton mendapat tempat duduk nyaman untuk selera masing - masing. Mau di karpet, tikar, atau tempat duduk. Sofa besar kesayangan mungkin tempat favorit anda. Tetapi jangan lupa, itu memakan ruang tetapi menampung sedikit. Karenanya, untuk sementara sebaiknya disingkirkan ke dalam gudang, demi menambah kapasitas ruang dan resiko kotor kena tumpahan kopi. Singkirkan sementara barang yang rentan rusak, misalnya vas buanga dan hiasan di atas meja atau credensa. Sementara di garasi atau carport, kendaraan mungkin terbaret tanpa sengaja, jadi sebaiknya ditempatkan di tempat yang lebih aman. Yang tak kalah penting adalah tempat menaruh makanan kecil atau minuman teman nonton. Tempat sampah yang disiapkan di setiap sudut ruangan, akan membuat anda tidak terlalu repot membersihkannya kembali.

Khusus untuk ruang tertutup. Yang terutama adalah sirkulasi udara. Rasa pengap dapat menyebabkan acara nonton bareng tak nyaman. Karenanya, pintu jendela sebaiknya tetap dapat dibuka selagi nonton bareng. Kalau ruangan yang dipilih ruangan yang ber-AC sebaiknya Anda memberitahukan dengan sopan kepada penonton bahwa merokok selama menonton akan sangat mengganggu. Demi kebersamaan, perhatikan agar tidak ada halang pandang ke arah televisi. Atau, yang membuat penonton terkucilkan karena tempat yang tersudut.

Kalau pilihan tempat jatuh ke tempat terbuka, pertimbangkan dengan seksama faktor cuaca. Hujan dapat membuat acara nonton bareng bubar jalan. Karenanya tenda tambahan mungkin perlu dipersiapkan. Atau rencana darurat : tempat nonton segera dapat dipindahkan ke ruang dalam.

Kedua, Posisi Televisi, Proyektor dan Layar Pantul
Bila menggunakan televisi, jarak antara penonton terdekat dengan televisi harus sangat diperhatikan. Minimal jarak yang tidak terlalu melelahkan mata adalah 2m. Semakin besar pesawat TV anda, semakin lebar pula jarak yang dibutuhkan. Sebaliknya kalau yang dipergunakan adalah layar pantul, jarak minimal mungkin dapat diberi toleransi lebih dekat.

Posisi TV/layar pantul yang ergonomis adalah yang sejajar dengan arah pandang. Artinya penonton tidak perlu mendongak ketika menyaksikan pertandingan itu. Atau harus menoleh ke kiri / ke kanan agar dapat melihat layar.

Ketiga, Dekorasi
Tempat nobar akan lebih meriah kalau Anda tambahkan dekorasi yang sesuai suasana. Misalnya, poster kesebelasan favorit, bendera negara peserta. Pendek kata dekorasi yang terkait dengan si bola bundar. Tak ketinggalan tentunya poster jadwal pertandingan. Tidak kalah serunya, kalau penonton disarankan menggunakan seragam/atribut kesebelasan favoritnya. Acara nonton pasti lebih ramai.

Nah, Anda sudah yakin siap menjadi tuan rumah?. Saatnya sekarang menyebar undangan nonton bareng. Atau, usulkan ke Pak RT untuk membuat acara nonton bareng warga. Tempatnya bisa bergiliran. Selain membuat guyub antar warga, setiap warga bisa berlatih menjadi "event organizer" dadakan!. (Annahape)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar