Jumat, 25 Juni 2010

Rumah Minimalis yang Dinamis dengan Nuansa Kontemporer



Rumah minimalis kontemporer adalah salah satu bentuk transformasi rumah minimalis. Transformasi ini ingin menunjukkan bahwa rumah minimalis yang berkesan simpel pun bisa tampil unik, atraktif, dan dinamis tanpa kehilangan jati dirinya. Bisa dikatakan, rumah minimalis kontemporer adalah transformasi rumah minimalis yang evolusioner. Arsitektur kontemporer memperlihatkan suatu pluralitas dalam desain rumah minimalis masa kini.

Karakter kontemporer dalam rumah minimalis tampil dalam sosok bangunan yang memperlihatkan permainan dinding yang unik, komposisi bukaan kaca yang dominan, serta pola ruang dalam yang lebar. Penggunaan bidang kurva (lengkung) dan bidang miring menjadi ciri khas yang menonjol. Bukaan banyak diwujudkan dalam bentuk kaca lebar. Model ini mengusung konsep estetika dalam keterbukaan dan berfungsi untuk lebih memaksimalkan pencahayaan alami. Sebagai aksen biasanya digunakan beberapa material berkarakter natural, seperti batu alam warna gelap. Selain terlihat elegan, material ini juga pas dengan karakter tropis di Indonesia. Walaupun terlihat lebih aksi, karakter minimalis tetap tampak pada penggunaan bentuk yang didominasi oleh bentuk kotak dan garis vertikal - horisontal serta penggunaan warna-warna berkarakter clean, seperti putih dan abu - abu.

1 komentar:

  1. ....salah satu bentuk transformasi rumah minimalis yg dibuat lebih dinamis & atraktif tanpa meninggalkan karakter minimalisnya..good luck!!

    BalasHapus